berita unik

Bikin Cengang 10 Kota Termahal di Dunia

Posted on

Kehidupan di kota besar yang terlihat glamor seringkali diinginkan banyak orang. Ini terbukti dengan kepadatan penduduk di kota besar yang lebih tinggi daripada kota-kota yang notabene terletak di pinggiran. Sayangnya, kehidupan di kota besar tersebut juga menuntut biaya yang mahal.

Dilansir dari New York Post, The Economist’s Intelligence Unit baru saja merilis daftar kota metropolitan dengan biaya hidup yang dibutuhkan. Ini menjadi bukti bahwa kota-kota impian tersebut juga membutuhkan ‘tiket mahal’ untuk tinggal di dalamnya. Menurut laporan tersebut, Singapura adalah kota termahal di dunia, diikuti oleh Paris, Zürich, Hong Kong dan Oslo. Amerika yang terkenal sebagai negara super power tidak memiliki satu kota pun yang masuk dalam daftar 10 kota termahal di dunia.

New York, yang terkenal sebagai kota paling mahal di Amerika, hanya menempati posisi 13 sebagai kota paling mahal di dunia. Bahkan 5 tahun lalu, New York hanya menempati posisi 27 sebagai kota paling mahal di dunia. Kenaikan peringkat yang sangat tajam ini menunjukan begitu besarnya kenaikan biaya hidup untuk tinggal di The big apple tersebut.

Sementara itu, Los Angeles menempati peringkat 14 sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Berikut 10 kota termahal di dunia.

1. Singapura
2. Paris, Perancis
3. Zürich, Swiss
4. Hong Kong, China
5. Oslo, Norwegia
6. Jenewa, Swiss
7. Seoul, Korea Selatan
8. Kopenhagen, Denmark
9. Tel Aviv, Israel
10. Sydney, Australia

Untuk menentukan kota mana yang paling mahal harganya, The Economist membandingkan harga komoditas dasar – seperti harga roti, sebotol anggur, harga satu pak rokok yang berisi 20 batang atau seliter bensin – pada masing-masing kota.

Di Singapura, harga rata-rata roti adalah 3,71 dolar atau setara dengan 13 ribu rupiah, harga sebotol anggur adalah 23,78 dolar atau 327 ribu rupiah. Sementara itu, 20 batang rokok di Singapura seharga 9,66 dolar atau 132 ribu rupiah dan satu liter bensin seharga 1,56 dolar atau setara dengan 21 ribu rupiah.

Di Sydney, harga sepotong roti adalah 3,99 atau 54 ribu rupiah, sebotol anggur adalah 20,49 dolar atau 281 ribu rupiah, 20 batang rokok seharga 23,89 dolar atau 328 ribu rupiah dan satu liter bensin adalah 98 sen atau sama dengan 13 ribu rupiah.

Berdasarkan laporan tersebut, hal unik dari riset ini adalah temuan bahwa kota-kota di Asia memiliki harga bahan makanan umum yang relatif tinggi dibanding kota di benua lainnya. Namun, kota-kota Eropa cenderung memiliki harga tinggi untuk barang kategori rumah tangga, perawatan pribadi, rekreasi dan hiburan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *