Bungkam Thailand, Indonesia Selangkah Lagi Ke Putaran Final Piala Asia

Posted on

Bangkok – Dari ajang piala Asia, Timnas Indonesia berpeluang mengamankan satu tempat di Piala Asia U-16 Tahun 2018. Setelah Timnas memetik kemenangan tipis 1-0 melawan Tim Thailand pada laga ketiga Grup G, Timnas menyimpan satu kaki mereka ke putaran final.

timnas indonesia u-16

Timnas Indonesia tampil percaya diri saat menghadapi tim tuan rumah Thailand di Rajamangala Stadium, pada hari Rabu (20/9/2017). Jalannya pertandingan dari awal Timnas cukup bagus melakukan penekanan ke jantung pertahanan tim Thailand, adalah Rendy Juliansyah yang mencoba melakukan percobaan melalui tendangan bebas, namun tendangan bebasnya masih terlalu keras.

Garuda Muda bermain cukup disiplin, beberapa kali Andre Oktaviansyah dan David Maulana mampu menghadang percobaan serangan yang dibangun tim lawan

Akhirnya gol dari pasukan Garuda Muda pun lahir dari sepakan Amanar Abdillah. Serangan yang berawal dari serangan balik ini cukup baik dimaksimalkan oleh anak-anak asuh Fakhri Husaini ini. Bola crossing dari sisi kiri oleh Rendy Juliansyah mampu dikonversi menjadi gol oleh Amanar Abdillah. 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Gol ini semakin membuat Thailand beringas menyerang, pada menit ke-22 mereka mengancam melalui tendangan Pognsakorn Innet, namun dengan sigap penjaga gawang Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi, mampu mementahkan tendangan tersebut dengan sangat baik. Meski sempat terjadi kemelut di barisan belakang Timnas Indonesia, namun dengan lugas bola berhasil dibuang oleh anak-anak Garuda Muda.

Timnas Garuda Muda bermain cukup tenang sepanjang pertandingan dan hinga waktu peluit babak pertama berakhir, Timnas Indonesia masih unggul dengan skor 1-0

Mulai babak kedua Timnas Merah Putih tampil cukup disiplin dan percaya diri dengan mendominasi penguasaan bola. Indonesia bermain menyerang dan mengurung Thailand. Team Thailand sendiri cukup kewalahan dengan serangan yang dilancarkan oleh pasukan Garuda Muda. Thailand kalah dalam penguasaan lini tengah, dimana Garuda Muda unggul di lapangan tengah atas Thailand.

Memasuki masa akhir pertandingan babak kedua, tepatnya pada menit ke-80an, beberapa kali Thailand mengancam dan nyaris berbuah gol namun usaha mereka masih membentur tiang gawang Timnas Indonesia.

Kejadian yang sama juga terjadi pada Timnas Indonesia, dimana sepakan pemain Timnas Indonesia masih membentur tiang gawang Thailand ketika menit akhir.

Di sisa waktu yang ada, tidak ada tambahan gol lagi yang tercipta. Indonesia unggul tipis 1-0 atas Thailand dan membuat Indonesia masih memuncaki klasemen dengan poin sempurna yaitu 9 dari 3 laga yang sudah dilalui. Laga berikutnya adalah Indonesia vs Laos pada hari Jumat tanggal 22/9/2017 mendatang.

Dengan Indonesia saat ini unggul 6 point diatas Thailand, Laos dan Timor Leste. Indonesia hanya cukup hasil imbang kala nanti berhadapan dengan Laos untuk memastikan diri menjadi jawara Grup G.

Susunan Pemain Kedua Team:

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi, Mochamad Yudha, Amiruddin Bagas, Ahmad Rusadi, Fadilah Nur, David Maulana (c), Mochamad Supriadi, Rendy Juliansyah , Amanar Abdillah, Andre Oktaviansyah, Sutan Zico

Thailand: Natthawut Paengkrathok, Arthit Bua-Ngam, R. Chatimongkol, Jakkrapong Sanmahung (c), Sarawut Saowaros , Pongsakorn Innet, Thanarin Thumsen (Punnawat Chote-Jirachaithon 59′), Kitthipong Khetpara, Thanakit Thongsri, Nattakit Butsing, Thakdanai Jaihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *