berita islami

Manfaat Sholat Subuh

Posted on

Manfaat sholat shubuh memang sangat banyak, sholat yang dilakukan pagi ini memang sangalah sulit bagi orang2 yang jarang bangun dipagi hari, dan jika ada orang yang tidak sholat shubuh maka orang itu adalah termasuk salah satu orang munafik, seperti yang dijelaskan pada salah satu hadits Abu Hurairah

“Tidak ada sholat yang lebih berat atas orang munafik daripada sholat Shubuh dan Isya’. Seandainya mereka tau pahalanya, niscaya mereka mendatanginya meskipun merangkak.”

Sholat Shubuh merupakan sholat yang sangat istimewa, begitu istimewanya waktu Shubuh sehingga Allah SWT menurunkan perintah sholat shubuh sebagaimana di terangkan dalam Q.S Al-Isra’ 70 :

“Dirikanlah Sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula sholat shubuh. sesungguhnya sholat shubuh itu disaksikan oleh malaikat”. (Q.S Al Isra’ 70)
Selain itu ketika Adzan waktu Shubuh itu berbeda dengan Adzan waktu Sholat Fardhu lainya, pada waktu shubuh adzan ditambahkan lafadz “Asholatuhairumminannaum” yang artinya “Sholat itu lebih baik daripada tidur”.

Tidak ada sesuatu didunia ini Allah ciptakan tidak bermanfaat bagi manusia apalagi perintah sholat shubuh Manfaat Sholat Shubuh pertama adalah Membuka Pintu Riski, karena Allah membagi bagikan riski kepada hambanya pada waktu pagi hari antara sholat shubuh sampai terbitnya matahari H.R Al Mudziri.

Dalam hal ini seorang hamba yang sudah menunaikan sholat shubuh tidak serta merta langsung mendapatkan uang ataupun yang lainya. Namun bagi orang2 yang sholat shubuh tepat waktu mereka termasuk orang2 yang patuh dan taat kepada Allah. Sehingga Allah SWT akan menjaganya sepanjang hari dan memberi kemudahan dalam segala urusan yang ia kerjakan.

Manfaat sholat shubuh lainya adalah Menghindarkan dari Api Neraka H.R Muslim mengatakan ” Tidak akan masuk Neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya. Dari hadits tersebut Rasulullah menjamin dengan Izin Allah SWT bagi muslim yang memelihara Sholat Shubuh dan Sholat Ashar maka tidak akan masuk Neraka.

Dan apabila telah berada disurga, akan diberikan kenikmatan yang tidak ada tandinganya yaitu melihat wajah Allah yang Mulia. Begitu bermanfaatnya Sholat Shubuh sehingga Rasulullah pun meninggikan sholat sunnah 2 rokaat sebelum sholat shubuh atau disebut sholat sunnah rawatib qabliyah shubuh.

Manfaat sholat shubuh yang ketiga adalah Sholat Rawatib Shubuh lebih baik daripada Seluruh Isi Dunia H.R Muslim. Sebuah peristiwa besar pun akan turun pada waktu shubuh yaitu Peristiwa Turunya Nabi Isa A.S ke Bumi. Diriwayatkan oleh Abu Umamah Al Bahili Rasulullah bersabda Imam mereka adalah laki2 yang sholeh ketika pemimpin mereka hendak mengimami sholat shubuh.

Tiba-tiba Isa Bin Maryam datang maka mundurlah Imam mereka kebelakang supaya Isa Mengimami mereka. Isa lalu meletakkan tanganya diantara bahunya pemimpin mereka sambil berkata majulah engkau dan pimpinlah sholat karena sesungguhnya ia ditegakkan untuk kalian. Akhirnya pemimpin merekapun mengimani mereka sholat dan ketika sholat telah usai Isa A.S berkata bukalah pintu (H.R Ibnu Majah)

Baca Juga : 4 Agama Aneh dengan Ajaran Konyol

Selain sebagai penyelamat sholat shubuh juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Beberapa penelitian menyebutkan puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar terjadi pada jam 6 pagi sampai dengan jam 12 siang.

berita islami

Pada saat itu dalam sistem tubuh terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis dan terjadi penurunan tegangan saraf para simpatis. Kenaikan saraf simpatis akan menaikkan tekanan darah sehingga denyut jantung melambat.

Aliran darahpun lebih banyak kedaerah perut sehingga mengakibatkan perasaan kantuk dan kecenderungan untuk beristirahat. Sementara mulai pukul 3 dinihari sampai dengan siang tiba-tiba tekanan darah berangsur naik.

Walaupun dalam keadaan tidur dan keadaan ini terjadi pada setiap manusia termasuk bayi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Furchgot menemukan zat nitritc oksida yang selalu diproduksi oleh tubuh manusia. Meskipun dalam keadaan tidur yang fungsinya untuk memperlebar atau mengembangkan pembuluh darah.

Agar peredaran darah menjadi lancar nitrict oksida atau No berfungsi untuk pencegahan pembekuan darah produksi zat No dapat ditingkatkan dengan aktifitas bergerak atau berolahraga. Apabila seorang hamba bangun pukul 3 dinihari kemudian berwudhu dan melakasanakan sholat malam,dilanjutkan dengan berjalan kemasjid untuk sholat shubuh maka produksi No didalam tubuhnya akan meningkat sehingga dirinya akan terhindar dari resiko serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *