Manfaat tahajud

Manfaat Solat Tahajud

Posted on

Pada kali ini akan menjelaskan manfaat sholat tahajud, atau yang dilakukan sesudah tidur, manfaat sholat tahajud memang sangatlah banyak, sholat tahajud sendiri termasuk sholat sunnah yang dianjurkan, maka dari itu sholat tahajud memiliki banyak manfaat.

Manfaat tahajud

Salah satu Ibadah yang penting dimata Allah adalah Sholat Tahajud, tak banyak orang yang mampu melaksanakan sholat yang satu ini di tengah malam, membuat banyak manusia enggan bangun dari tidurnya, padahal kebiasaan sholat malam adalah kebiasaan orang2 sholeh sejak dulu memiliki keutamaan yang tinggi dimata Allah, Allah SWT Berfirman :

“Dan pada sebahagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu Ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ketempat yang terpuji “. (Q.S Al-Israa 79)

1. Yang pertama, bangun tengah malam untuk sholat tahajud sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, penelitian medis membuktikan bahwa kandungan oksigen pada atmosfer bumi mulai pukul 03.00 pagi hingga matahari terbit merupakan Oksigen yang memiliki kandungan O2 yang sangat tinggi, disaat kita menggerakan otot2 maka oksigen tersebut masuk kesetiap sudut rongga tubuh kita dan secara otomatis melancarkan aliran darah dalam tubuh, oksigen seperti ini akan hilang saat matahari terbit, dan hanya orang yang bangun waktu itulah yang dapat menikmati oksigen sehat tersebut.

Baca juga ya : “Cum Laude” meski Disabilitas Tak Masalah Bagi Alfiana Asti Premasari

2.Yang kedua, sholat malam dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan tidak mudah terkena penyakit,penelitian terhadap sejumlah orang yang melaksanakan sholat tahajud berturut2 selama 2 Bulan menunjukan kadar hormon kortison dalam tubuh menjadi lebih stabil, hormon kortison merupakan salah satu hormon stres kadar hormon ini semakin tinggi ketika kita dalam keadaan stres.

3. Yang ketiga adalah orang yang sholat tahajud akan dikabulkan Do’anya dan diberi pahala surga, Allah memberi saat diwaktu tertentu saat dikabulkanya do’a yakni pada 1/3 malam yang terakhir yang bisa digunakan sholat tahajud Rasulullah SAW bersada : “Pada malam hari terdapat suatu waktu apabila meminta kebaikan didunia maupun akhirat niscaya Allah akan memberikanya dan itu berlaku setiap malam” (H.R Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *