7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Ampuh di Kala Pandemi

Jahe mungkin menjadi salah satu jenis rempah yang paling populer. Pasalnya tanaman jenis rimpang ini punya banyak sekali manfaat. Jahe sering digunakan sebagai bahan makanan dan minuman. Manfaat jahe lainnya adalah baik untuk kesehatan.

Manfaat jahe untuk kesehatan belakangan membuat harga jahe di pasaran semakin meroket. Pasalnya, jahe disebut-sebut sebagai salah satu tanaman herbal khas Indonesia yang bisa menangkal virus corona covid-19.

Dugaan manfaat jahe untuk menangkal virus corona covid-19 ini juga sempat didengungkan oleh Presiden Joko Widodo. Orang nomor 1 di Indonesia itu menyebut jahe sebagai satu dari beberapa rempah yang dibuatnya menjadi jamu untuk menangkal virus corona covid-19.

Lalu, benarkah manfaat jahe untuk kesehatan salah satunya adalah bisa menangkal virus corona covid-19? Berikut fakta seputar manfaat jahe untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi jahe sebagai jamu selama ini diyakini bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, baik untuk daya tahan tubuh. Mungkin khasiat inilah yang kemudian dihubung-hubungkan dengan kemampuan menangkal virus corona covid-19.

Jenis jahe merah menjadi satu jenis jahe unggulan. Tanaman yang tergolong rempah-rempah ini selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Ternyata, jahe merah juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas.

Selain itu, dalam jahe juga terkandung minyak atsiri yang bisa meningkatkan nafsu makan. Secara tidak langsung meningkatnya nafsu makan, juga akan sangat mempengaruhi peningkatan daya tahan tubuh. Jadi rasanya seolah wajar saja kalau tanaman herbal ini tergolong jenis tanaman yang diduga bisa menangkal virus corona covid-19.

2. Redakan Flu dan Batuk

Jahe juga mempunyai khasiat yang baik untuk tenggorokan. Terutama jika dikonsumsi saat batuk dan flu. Hal ini karena rasa hangat yang dihasilkan dari jahe bisa membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Tidak heran, berbagai macam jenis obat minum tradisional yang dikemas secara modern pasti menggunakan bahan yang satu ini.

3. Atasi Diare

Manfaat jahe untuk kesehatan berikutnya adalah bisa mengatasi diare. Jahe sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Lagi-lagi lah ini karena efek hangat yang bisa menimbulkan rasa nyaman di perut. Selain itu, kandungan senyawa dalam jahe juga berkhasiat mencegah gas dan efek kejang akibat diare.

4. Atasi Mual

Mual sering kali muncul sebagai pertanda dari gangguan pencernaan. Tapi jangan khawatir, sebab ibarat obat sepaket, ternyata jahe tidak hanya bisa mengatasi permasalahan pencernaan saja. Mual juga bisa diatasi dengan jahe.

Kemampuan jahe dalam mengatasi mual ini juga sejalan dengan kemampuan jahe dalam mengembalikan nafsu makan di kala sakit.

5. Atasi Peradangan

Jahe mempunyai kandungan fenol seperti gingerol dan shogaol. Kandungan senyawa tersebut mempunyai sifat anti-inflamasi, sehingga bisa bekerja maksimal mengatasi peradangan dalam tubuh.

Kemampuan jahe dalam mengatasi peradangan juga dibantu oleh sifat jahe sebagai anti-oksidan. Seperti yang kalian tahu, anti-oksidan sangat baik untuk menangkal berbagai radikal bebas penyebab radang, infeksi, penyakit, bahkan gejala penuaan dini.

6. Mencegah Kanker

Selain mengatasi peradangan, sifat anti-oksidan pada jahe juga berkhasiat untuk mencegah kanker. Hal ini karena kandungan anti-oksidan yang tinggi mampu menginduksi sel-sel yang mati.

7. Menangkal Infeksi Akibat Bakteri dan Virus

Satu lagi manfaat jahe yang berkaitan dengan wabah virus corona covid-19. Jahe dipercaya bisa menangkal infeksi akibat bakteri dan virus. Hal ini dikarenakan kandungan gingerol dalam jahe. Kandungan ini terbukti bisa menumpas sejumlah bakteri seperti shigela dan E. coli.

Kemampuan jahe dalam menangkal bakteri-bakteri tersebut membuka kemungkinan, bahwa jahe juga bisa menjadi penangkal dari virus corona covid-19.

Itulah 7 manfaat jahe untuk kesehatan, yang dua di antaranya bersinggungan dengan wabah virus corona covid-19. Meskipun, belum benar-benar teruji secara pasti, namun tidak ada salahnya mencoba konsumsi jahe sebagai bentuk usaha pencegahan, bukan?

Untuk mendapatkan jahe dengan kualitas terbaik, selalu pastikan kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyedikan jahe juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.