Manfaat Aplikasi Teknologi dalam Supply Chain Management

Dengan berkembangnya jaman mempunyai keuntungan bisa memberikan hasil yang lebih cepat, efektif, dan juga lebih efisien. Pengembangan teknologi tersebut juga bisa memberikan keuntungan dalam pengaplikasiannya dalam supply chain management untuk usaha yang dipunyai. Dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang, bisa memberikan manfaat untuk berbagai proses dalam SCM yang meliputi berbagai keuntungan berikut ini:

1. Perencanaan sumber daya

Proses pertama yang ada di dalam SCM adalah mengenai supplier dan hubungannya dengan bahan mentah yang digunakan untuk produksi barang yang dihasilkan. Dengan menggunakan teknologi akan membantu untuk integrasi dari pelaku rantai pasok, meningkatkan tingkat visibilitas, dan juga bisa melakukan transparansi mengenai sumber daya dengan lebih pasti. Dengan menggunakan teknologi akan bisa untuk mengetahui perkembangan dan juga pergerakan secara real time. Penggunaan teknologi dapat untuk meningkatkan produktivitas dan bisa menyesuaikan dengan perubahan yang membantu untuk membuat rantai pasok dapat lebih efisien.

2. Sistem management gudang

Keunggulan selanjutnya supply chain management adalah bisa untuk membuat sistem management gudang yang juga lebih efektif. Rantai pasok di gudang perlu untuk mengetahui arus kirim yang tepat agar nantinya pasokan tetap aman. Dengan menggunakan teknologi dalam SCM bisa membuat menjadi gudang sebagai arus penting dan utama untuk penyedia logistik. Sehingga apabila diatur dengan lebih efisien maka bisa untuk membuat rantai pasok menjadi lebih efektif. Seperti contoh teknologi yang bisa digunakan dalam management gudang ini adalah dengan mengetahui waktu yang lebih tepat untuk manajemen gudang. Sehingga bisa menyiapkan sloty docking sehingga akan membuat pengiriman menjadi lebih optimal. Teknologi yang digunakan juga bisa untuk mencatat dengan rapi dan bisa untuk mengirimnya ke berbagai proses rantai pasok selanjutnya.

3. Manajemen transportasi

Manfaat selanjutnya teknologi yang bisa digunakan dalam SCM adalah sebagai manajemen transportasi untuk lebih efektif. Transport management system bisa digunakan untuk membuat biaya yang lebih hemat. Selain itu management gudang dengan sistem ini dapat untuk menjadi keuntungan ketika mempunyai perluasan cakupan pengiriman yang dipunyai. Sistem teknologi dan aplikasi menggunakan data real time sehingga akan terjadi proses logistik yang dikirimkan secara efisien dan efektif.

4. Transportasi cerdas

Manfaat selanjutnya menggunakan teknologi adalah dapat untuk memberikannya sebagai sistem transportasi yang cerdas. Teknologi yang digunakan bisa untuk memberikan perhitungan, pengolahan data, dan juga teknik perancangan yang tepat. Sistem yang cerdas ini akan bisa melakukan kontrol yang bisa meningkatkan keamanan dan juga hasil yang lebih handal. Transportasi yang cerdas bis untuk memprediksi mengenai perjalanan, bahan bakar yang digunakan, kecepatan perjalanan, hingga bisa mengurangi resiko kecelakaan sehingga membuat perjalanan lebih aman dan menguntungkan.

5. Keamanan informasi

Manfaat terakhir dari menggunakan teknologi untuk SCM adalah bisa memberikan jaminan keamanan informasi. Ada banyak jenis aplikasi dan sistem yang digunakan untuk mendapatkan manfaat dari pengelolaan SCM yang lebih efektif tersebut. Seperti dengan menggunakan cloud, iOT, dan lainnya. Dengan biaya rendah yang digunakan akan bisa membantu untuk mendapatkan banyak manfaat termasuk juga keamanan data yang aman.

Dengan banyaknya manfaat teknologi yang diaplikasikan dalam supply chain management, bisa memberikan hasil yang beragam. Seperti dapat menghemat waktu, biaya, dan juga proses yang lebih mudah. Untuk mengetahui pengetahuan mengenai hal tersebut bisa mengikuti pelatihan dari short program Prasmul-ELI mengenai SCM. Program ini mempunyai materi beragam termasuk juga perkembangan dan trend yang digunakan supply chain, sehingga bisa untuk memberikan keuntungan bagi bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *