Dari Asal-Usul, Kandungan Nutrisi, Sampai Beragam Jenis Nanas Paling Enak

Nanas merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia, dikenal dengan rasanya yang enak tidak heran jika memiliki banyak penggemar. Apalagi jenis nanas madu, rasanya yang manis segar cocok untuk dimakan langsung ataupun dijadikan dalam olahan minuman. Di Indonesia sendiri ada banyak daerah yang membudidayakan nanas seperti Pemalang, Bogor sampai dengan Subang. Namun tahukah Anda jika kepopuleran buah tersebut sampai dengan berbagai dunia. Bahkan banyak jenis yang perlu untuk Anda ketahui dan patut dicoba. Penasaran apa saja nanas yang enak diseluruh penjuru dunia?

Asal Mula Buah Nanas

Sudah dikenal sejak lama di Indonesia, namun sebenarnya buah nanas merupakan buah yang berasal asli dari Brasil. Namun dalam penjelajahan dunia, orang jaman dahulu sering membawa nanas pada negara beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Awal mulanya penduduk asli menyebut nanas sebagai “anana” namun penjelajah dari Spanyol menyebut dengan berbeda yaitu “pina de indes”, berbeda lagi oleh mereka kalangan elit Eropa yang sering membeli buah dengan sebutan “king pine”. Apapun itu awalnya, saat ini orang Indonesia lebih mengenal sebagai buah nanas yang segar.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Selain rasanya yang enak dan segar ternyata nanas juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Secara otomatis hal tersebut akan memberikan manfaat sebagai pendukung kesehatan tubuh, penasaran apa saja? Ya, dengan mengkonsumsi 2 irisan nanas akan memberikan Anda nutrisi penting mulai dari vitamin C, 60 kalori, 16 gram karbohidrat sampai dengan 13 gram gula. Namun ada juga bromelain dan enzim yang dapat membantu memperlancar pencernaan Anda. Nah, tidak ada salahnya menjadikan nanas sebagai buah pilihan untuk dinikmati bersama dengan keluarga bukan?

Jenis Nanas Yang Enak Dikonsumsi

Tidak sedikit orang hanya mengenal buah nanas satu jenis saja, rasanya enak dan segar namun padahal diseluruh penjuru dunia ada banyak jenis yang bisa ditemukan. Hal itu terlihat dari bentuk, warna, ukuran sampai dengan rasa yang berbeda satu dengan lainnya. Supaya tidak semakin penasaran, berikut ini beberapa jenis nanas yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Red spanish.

Ini merupakan varietas nanas yang bisa ditemukan di Hindia Barat, memiliki kandungan serat tinggi dan aromatik. Jenis yang satu ini mempunyai ukuran kecil dengan warna ungu atau hijau, begitu pula untuk daunnya kecil. Kulit luar ungu namun untuk daging berwarna putih, di Indonesia sendiri red spanish sering disebut dengan berbagai nama.

2. Spanish jawel.

Memiliki ciri pada daun yang panjang dengan warna hijau tua serta bintik kemerahan. Nanas yang satu ini memiliki bentuk silinder, pada bagian luar memiliki warna putih namun untuk bagian dalam berwarna orange.

3. Abacaxi.

Ada jenis nanas yang berduri satu ini, dengan ciri khas bentuk panjang, daging putih dan hampir tembus pandang. Teksturnya sangat lembut, berair dan sangat tebal, meskipun dinilai menjadi jenis paling nikmat namun ternyata banyak yang buruk kualitas dipasaran.

Diatas hanyalah 3 dari sekian banyak jenis nanas yang perlu Anda ketahui, dipasaran Indonesia sendiri tidak banyak jenisnya. Namun bila Anda menginginkan bisa belanja di TaniHub yang menyediakan beragam jenis sayur dan buah segar langsung dari petani lokal Indonesia. Apapun kebutuhan Anda langsung pesan dan besok diantar kerumah. TaniHub menjadi solusi untuk belanja aman selama pandemi dengan pilihan produk terlengkap, terjangkau dan pastinya mudah.